Breaking News

KARAKTERISTIK LATIHAN

KARAKTERISTIK LATIHAN



1. Pemanasan ( 10 - 15 menit )

Suatu pemanasan yang effektif dan mempunyai tujuan yang jelas adalah sangat penting sebelum latihan inti dilaksanakan. Pemanasan pada dasarnya menyiapkan tubuh untuk dapat melaksanakan latihan ini dengan balk pada waktu latihan kemudian.
Pemanasan mencakup peningkatan detak jantung, peningkatan pernafasan dengan jogging, berlari dengan speed, latihan koordinasi.
Pemanasan dapat juga dilaksanakan dengan sendiri, dengan pelatih ataupun pemain yang paling berpengalaman diantara sesamanya ataupun dapat dilaksanakan dengan kelompok-kelompok kecil. Pemanasan tidak boleh terlalu lama, cukup 10 - 15 menit.
Bola dapat digunakan dalam pemanasan tetapi dengan pengawasan yang cermat jangan sampai akselerasi dilaksanakan sebelum diadakan stretching (flexibility sehingga dapat menyebabkan cedera otot, ligamen maupun tendon.
Pemanasan harus dilaksanakan secara progresif dan logis, perenggangan otot yang besar kemudian baru otot yang kecil.


2. Latihan dengan bola ( 15 - 20 menit )

Latihan dengan bola bisa berupa latihan teknik bisa juga berupa taktik. Latihan sederhana untuk meningkatkan teknik passing, atau teknik kontrol bola dapat digunakan sebagai contoh untuk meningkatkan intensitas latihan. Pelatih dapat menggunakan bagian ini untuk meningkatkan teknik dan skill relefan dengan gaya permainan yang dianut oleh teamnya.
Permainan possession football dapat digunakan untuk meningkatkan teknik dan taktik yang efisien sehubungan ketrampilan teknik tadi dan juga meningkatkan kemampuan fisik.
Latihan dengan bola dapat juga dilakukan sesuai dengan gaya permainan team dengan menambah umpannya wall pass. through pass Permainan kombinasi yang dimasukkan dalam permainan possession football tadi yang jumlah pemainnya bisa bervariasi, bisa 4 v 4 ataupun 5 v 3.


3. Taktik Kerja Sama Team ( 30 - 45 menit )

Pada bagian ini latihan difokuskan pembetulan permainan team yang salah. Memperkenalkan taktik baru atau menghaluskan taktik yang sudah ada dapat dimasukkan dibagian latihan ini. Kelompok pemain-pemain ataupun seluruh team harus dilibatkan pada bagian latihan ini dan disinilah kelompok ataupun seluruh team dididik secara sangat jelas dan cermat akan fungsinya pada saat tertentu dan juga dikembangkan sampai dengan 11 v 11 dengan kondisi dipimpin oleh pelatih
(Coached game)
Dan bagian ini adalah yang paling menentukan (penting) dari seluruh session dalam meningkatkan pengertian team dan kerjasama team.
Latihan ini tidak boleh tidak harus ada dan merupakan program harian yang  harus dilaksanakan oleh tiap team senior kecuali ada alasan kuat untuk berbuat demikian. Hanya bermain 11 v 11 tanpa input dari pelatih tidak ada gunanya kecuali kalau digunakan oleh pelatih sebagai observasi untuk mengetahui apakah taktik yang diajarkan telah dimengerti seluruhnya.


4. Latihan Teknik (20 - 30 menit )

Pada bagian latihan ini dapat dipergunakan permainan bebas 6 v 6, ataupun 11 v 11. Periode dapat diberikan kepada pemain bermain bebas atau untuk menggunakan suatu teknik-teknik dan skill dan taktik yang baru dipelajari pada session sebelumnya. Juga sesion ini dapat digunakan untuk mempraktekkan teknik-teknik dasar dan aspek-aspek penting dalam permainan bola yang baik., seperti crossing, finishing dan pertahanan 1 v 1 dan lain-lain lagi yang dianggap penting untuk sukses football harus dilaksanakan pada session ini.
Lagi-lagi memilih skill yang relevan dengan gaga permainan team harus menjadi yang paling dipikirkan oleh pelatih.


5. Cool - Down ( 5 - 10 menit )

Ada alasan fisiologis yang tepat mengapa pemain harus melakukan cool-down setelah latihan. Jogging ringan dan stretching harus dilaksanakan untuk menutup latihan hari yang bersangkutan, supaya pemain dapat relax secara fisik dan mental sehabis melaksanakan latihan yang berat tetapi menghasilkan kondisi yang maksimal untuk dapat melanjutkan latihan berikutnya sesuai dengan program pelatih.

Waktu Latihan
Latihan diperkirakan 1,5 jam dengan demikian pembagian waktu adalah sebagai berikut :

1. Pemanasan 10- 15 menit
2. Latihan dengan bola 15- 20 menit
3. Taktik team 30-45 menit
4. Latihan teknik 20-30 menit
5. Cool - down 5- 10 menit



Posting Komentar

0 Komentar